Selasa, 24 April 2012

Sejarah Oriflame

Tulisan ini, saya temukan saat sedang browsing di sebuah situs online koran lokal Sinar Harapan, dari data yang tampak artikel ini sendiri di buat pada tahun 2003 mengenai aneka produk perawatan kulit.
Di artikel tersebut dibahas beberapa produk, yang semua-nya dijual secara ritel dan hanya Oriflame yang melakukan penjualan langsung alias direct selling dengan strategi Mu^lti Level Mark eting (ML*M)
Sejarahnya, produk Oriflame didirikan di Swedia pada tahun 1967. Setahun kemudian, market di wilayah Denmark dan Norwegia menjadi pangsa pasar utama di luar Swedia. Namun, seiring dengan perkembangannya, Indonesia mulai dibidik pula dalam mengembangkan bisnis tersebut. Alhasil, tahun 1986, Indonesia menjadi pasar pertama di Asia. Pada tahun 2001, Oriflame telah memiliki sejuta konsultan aktif yang hadir di lebih dari 60 pasar dunia.

Menurut Sales & Marketing Manager Kany V. Soemantoro yang berkantor di Jalan Bulungan No.16 Jakarta, meski produk Oriflame berasal dari Eropa, unsur yang terkandung di dalam setiap produknya disesuaikan dengan kebutuhan kulit-kulit orang Asia. Menariknya, produk-produk yang dikeluarkan oleh Oriflame dibuat dari bahan-bahan alami. Dan tidak melakukan uji coba terhadap hewan.
Produk Oriflame pun aman bagi kulit usia 15 tahun ke atas. ”Sejauh ini Saya belum pernah menemukan keluhan yang buruk sekali akibat pemakaian produk Oriflame,” ujar Tussy I. Nugroho sebagai Training Coordinator yang bergabung sejak tahun 1994 itu. Menurut Kany, kalau pun ada yang pernah mengalami iritasi pada kulit, itu kebanyakan karena salah dalam penggunaannya. Di sinilah peran setiap konsultan dalam memberikan pelayanan dan informasi produk terhadap kliennya.
”Seminar-seminar yang berhubungan dengan kepemimpinan pun sering digelar oleh pihak Oriflame,” ujar Marketing Coordinator/PR & Spesial Event Oriflame, Atika Muliyandari. Menurutnya, akan lebih baik jika setiap konsultan dilengkapi dengan pengetahuan tambahan penting seperti itu dalam menjalankan tugasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar